Penindasan Saudi Terhadap Penduduk Syiah di Wilayah Al-Hasa
Syiahindonesia.id – Bulan lalu, Arab Saudi diam-diam memenggal 37 orang , sebagian besar pria Syiah dari Provinsi Timur negara itu. Mereka semua telah dijatuhi hukuman karena “memata-matai” untuk Iran dan yang lain karena “bergabung dengan kelompok teroris”. Banyak dari mereka dituduh disiksa dan dipaksa untuk menandatangani pengakuan palsu.
Tidak ada mayat yang dikembalikan ke keluarga, dan tidak ada pemakaman. Dua dari mereka disematkan pada sebuah pos untuk dilihat publik – suatu tindakan yang jelas dimaksudkan untuk membangkitkan ketakutan di kalangan minoritas Syiah, yang merupakan antara 10 dan 15 persen populasi Saudi dan sebagian besar berbasis di Provinsi Timur.
Meskipun pihak berwenang Saudi telah mencoba untuk menyajikan kasus ini sebagai masalah keamanan nasional – dengan mengadili 37 orang di pengadilan khusus yang berurusan dengan terorisme dan menggambarkan mereka sebagai agen Iran – itu tidak ada hubungannya dengan tindakan teror atau pengaruh Iran.
Peniadaan hak pilih Syiah di Arab Saudi memiliki akar sejarah yang dalam dan hanya baru-baru ini yang berperan dalam konflik regional yang berkembang antara Riyadh dan Teheran. Satu-satunya “kejahatan” orang-orang Syiah yang dieksekusi pada bulan April dan banyak lagi yang masih ditahan di penjara Saudi adalah menuntut diakhirinya diskriminasi sistemik dan pelanggaran hak asasi manusia.
Sejarah Penindasan
Ketegangan antara populasi Syiah di wilayah al-Hasa (sekitar Provinsi Timur saat ini) dan House of Saud memiliki sejarah panjang dan kembali ke masa ketika Mohammed Ibn Saud, putra pendiri dinasti, mengadopsi ajaran Muhammad ibn Abd al-Wahhab pada akhir abad ke-18 dan menggunakannya untuk melegitimasi pemerintahannya. Ketika ia dan para penggantinya berusaha memperluas wilayah yang mereka kuasai ke arah timur di bawah panji-panji orang kafir dan penyimpangan, Syiah al-Hasa menentang.
Dalam penggerebekan itu mereka, para pejuang Wahhabi sering kali menghancurkan tempat-tempat suci dan tempat-tempat ibadah milik Syiah dan sufi; pada 1802, pasukan yang dipimpin oleh putra Mohammed Saud bahkan menyerang salah satu kota paling suci bagi Muslim Syiah, Karbala di negara tetangga Irak, menjarah dan menghancurkan tempat-tempat suci, merusak masjid Hussein, membantai sebagian besar penduduk sipil, dan meninggalkan bekas yang menyakitkan dalam memori kolektif Syiah.
Selama satu abad, al-Hasa akan masuk dan keluar dari kendali Saudi, sampai Abdel Aziz Ibn Saud, pendiri kerajaan Saudi, merebutnya kembali pada tahun 1913, melepaskan kampanye penindasan terhadap penduduk Syiahnya yang menentang kekuasaannya. Ketika ia mulai membangun fondasi negara Saudi, sikap Wahabi terhadap Syiah terjalin ke dalam lembaga-lembaganya.
Akibatnya, Muslim Syiah sampai hari ini tetap sangat kehilangan haknya dalam masyarakat Saudi. Misalnya, mereka tidak diizinkan memegang jabatan kunci di dalam kementerian pertahanan dan dalam negeri, Garda Nasional, dan pengadilan kerajaan. Mereka menghadapi berbagai pembatasan ibadah keagamaan; izin untuk membangun masjid Syiah sering ditolak dan, akibatnya, di tempat-tempat seperti kota Dammam, hanya ada satu masjid untuk ratusan ribu Muslim Syiah yang tinggal di sana. Prosesi selama Ashoura, hari memperingati kematian cucu Nabi Muhammad Hussein dalam pertempuran Karbala, dilarang sampai 2005 dan hari ini masih diatasi dengan berbagai cara.
Yang paling penting, meskipun sebagian besar cadangan minyak Saudi berada di wilayah Provinsi Timur, minoritas Syiah hampir tidak diuntungkan oleh pendapatan minyak negara yang besar. Sejak berdirinya negara Saudi pada tahun 1932, ia telah mengalami marginalisasi dan perampasan sosial-ekonomi yang sistematis.
Selain itu, otoritas keagamaan Saudi – yang diberikan hingga saat ini dengan kekuasaan yang hampir tidak terbatas untuk mengawasi publik – telah diizinkan untuk menyebarkan retorika anti-Syiah dan bahkan memasukkannya ke dalam kurikulum sekolah. Akibatnya, sikap anti-Syiah di kalangan populasi umum tersebar luas dan telah menyebabkan di masa lalu berbagai serangan terhadap masyarakat.
Selama beberapa dekade diskriminasi sistemik dan pencabutan hak, kemarahan Syiah secara berkala akan mendidih dan menghasilkan protes massa, yang akan selalu ditekan secara brutal oleh Riyadh.
Pada tahun 1979, pergolakan revolusioner di Iran yang berdekatan mendorong demonstrasi massa di kota Qatif yang mayoritas penduduknya Syiah, yang disambut dengan tindakan kekerasan dan eksekusi.
Pada 2011, Musim Semi Arab juga menginspirasi protes pro-demokrasi di Provinsi Timur. Pemerintah Saudi dengan cepat menghentikan kerusuhan, menembaki demonstran dan menangkap banyak orang. Untuk berpartisipasi dalam protes ini, banyak dari 37 pria itu ditangkap.
Mereka, bersama sejumlah aktivis lain yang menyerukan diakhirinya diskriminasi agama dan diskriminasi sektarian , didakwa dengan terorisme. Pada 2016, pemimpin Syiah Nimr al-Nimr, yang telah mendukung protes dan telah lama kritis terhadap House of Saud, dieksekusi.
Permainan Geopolitik
Menyadari betul bahwa hukuman sosial ekonomi, apartheid agama dan marginalisasi komunitas Syiah memicu kemarahan di kalangan Syiah, otoritas Saudi terus-menerus khawatir bahwa komunitas tersebut akan memulai pemberontakan yang menyerukan kemerdekaan. Muslim Syiah juga dituduh sebagai agen Iran dan digambarkan sebagai “kolom kelima” di negara itu.
Iran, pada bagiannya, sementara mengejar hegemoni regional melalui berbagai kelompok proksi Syiah, juga telah berupaya untuk mengeksploitasi situasi yang tidak stabil di Provinsi Timur. Jadi, pada tahun 2016, otoritas Iran mengizinkan kerumunan berdemonstrasi menentang badai eksekusi al-Nimr di Kedutaan Besar Saudi di Teheran dan membakarnya. Setelah eksekusi April, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dengan cepat memanfaatkannya dalam retorika politiknya melawan Arab Saudi dan hubungannya dengan AS.
Tetapi Iran sendiri menekan tidak hanya minoritasnya sendiri (termasuk Sunni dan Kurdi), tetapi juga anggota mayoritas Syiah dan hampir tidak seorang juara hak asasi manusia. Ini terkenal dalam komunitas Syiah Saudi, yang belum menyambut upaya oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei untuk mengklaim kepemimpinan semua Syiah di seluruh dunia.
Syiah Saudi cenderung mengikuti kepemimpinan agama mereka sendiri dan memandang ulama Syiah lain seperti Grand Ayatullah Ali al-Sistani. Dengan demikian, untuk menghadirkan protes dan oposisi Syiah ke House of Saud sebagai “plot Iran” tidak hanya benar-benar tidak akurat, tetapi juga menutupi sejarah panjang ketegangan antara masyarakat dan penguasa Saudi dan pendukung Wahhabi mereka dan pendukung sektarian mereka dan diskriminasi sektarian yang dilembagakan di negara.
Syiah Saudi, seperti banyak warga Saudi lainnya, ingin hak asasi mereka dihormati, memiliki kesempatan dan akses yang sama terhadap kekayaan nasional yang besar. Mereka juga menginginkan kebebasan beragama dan perlindungan terhadap kejahatan rasial.
Tetapi ketika House of Saud semakin cemas tentang posisinya yang tidak stabil, itu tidak hanya akan meningkatkan penindasan rakyatnya, tetapi juga meningkatkan perjuangannya melawan Iran. Lagi pula, memiliki boogeyman “musuh asing” yang dapat digunakan untuk membenarkan jumlah penindasan internal adalah cara termudah untuk mengendalikan populasi yang tidak puas. Dan dalam permainan bertahan hidup rezim ini, komunitas Syiah Saudi kemungkinan akan terus membayar harga paling curam.
Source: Al-Jazeera